Membuat Database Dengan SQL Yog

Jumat, 12 April 2013

 
Membuat Database Dengan SQL Yog


 
Baiklah teman-teman, materi dalam blog saya kali ini adalah tutorial bagaimana membuat database dari SQL Yog. Mungkin teman-teman ada yang masih bingung, apa sih database itu... Ya sudah saya jelaskan dulu.. 
Database itu... adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna... Yang intinya.. database akan menjadi Sistem Informasi yang dibutuhkan oleh user atau siapapun yang membutuhkan..
Nah, untuk membuat database, harus melalui perangkat lunak tertentu yang sudah diciptakan untuk database maker.. dalam tutorial saya nanti, saya akan membuat database melalui SQL Yog.. 
 
Kemudian klik connect, dan nantinya kita langsung terhubung dengan database kita. Pada saat inilah kita mulai merakit komponen-komponen dalam database. Setelah kita mengklik connect maka akan tampil beberapa tampilan di dalam SQL Yog tersebut. nah sekarang mari kita buat databasenya terlebih dahulu..!!!
 
Pertama ketikan "CREATE DATABASE mahad;". ketikan persis yang saya ketikan tersebut. dan atau seperti contoh gambar dibawah ini..

Kedua, Mari kita buat table-tablenya...
Ketikan Perintah "CREATE TABLE" buat table sesuai kebutuhan. seperti contoh gambar dibawah ini...!!!

ulangi Perintah itu sebanyak table yang akan anda buat...
nah mari kita tampilkan Table yang sudah kita buat tadi agar kita bisa mengetahui hasilnya...!!!
Ketikkan Perintah "SHOW TABLES"..

Perintah Query diatas aka menampilkan semua table yang kita buat dalam database mahad tadi.. nah tuhh seperti gambar yang ada diatas...

Setelah itu mari kita isikan table-table yang sudah kita buat tadi...
Mari kita gunakan Perintah "INSERT INTO mabna VALUES" seperti gambar dibawah ini...

nahh kalau table anda lebih dari satu, ulangi perintah diatas sebanyak table yang anda buat tadi...

sekarang mari kita tampilkan isi table tersebut dengan cara "SELECT * FROM (table yang ingin anda tampilkan)"...
nah disini saya beri contoh dengan saya tampilkan isi dari table mabna yang telah saya isi tadi...!!!
nahh... sekian dulu ilmu yang dapat saya bagikan tentang membuat database beserta tablenya menggunakan SQL Yog..
selamat mencoba...!!!!

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SISTEM INFORMASI - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger